Belajar dari
negara-negara barat yang dalam ilmu dan teknologinya telah maju adalah perlu,
tetapi sementara ini umat islah telah lupa bahwa dasar-dasar mereka adalah
islam. Hidup di indonesia bukan berarti apapun yang ingin di pelajari haruslah
dalam terjemahan bahasa indonesia, apalagi islam memerintahkan kepada umatnya
agar berpegang teguh kepada al qur’andan hadis yang notababnya berbahasa arab.
Juga ilmu-ilmu yang fardhinya bagi umat muslimyang awal perkembanganyadari negara
timur yang awal perkembanganya berbahasa arabyang dalam sebab faktorawalnya
iyalah nabi muhammad SWAyang berasal dari bangsa arab, juga para sahabat dan
tabi’in yang menggabungkan ilmu-ilmu dari 2 pedoman tersebut adalah orang arab
dan otomatis brabagai karangan kitab berbahasa arab.
Pondok
pesantren di devinisikan dengan kitab kening. Cara mempelajarinya sudah jelas
yakni harus mengerti lafadz-lafadz terseut dengan cara faham ilmu nahwu dah
shorof. Misalnya, pembelajaran di madrasah diniyyah PPP.Al Fathimiyyah ini di
bagi menjadi 2 yakni kelas ula dan wostho. Faktor utama yang mendasari
pembagian kelas ini adalah santri dalam sekolah formalnya berbeda, sebab
terdapat beberapa sekolah formal di Bahrul Ulum yang basic pembelajarannya
berbeda-beda.
menurut gadib
asal banyuwangi ini, sdri.Munhidlotul Millah (salah seorang santri madrasah
diniyah yang kami wawancarai), sistem pendidikan yang menyesuaikan keadaan
sekolah formal sudah biasa dikatakan baik, sebap pendidikan seperti itu bisa di
bilang pendidikan yang bisa mengerti keadaan siswanya dengan tujuan untuk
memenuhi kebutuhan mereka. Perbedaan di madrasaha diniyah ini adalah bagi kelas
ula dan wastho dengan cara pembelajaran konvesional, biasanya mengutamakan
pembeljaran memulai tatap muka yang berlangsung didalam kelas. Tapi bagi siswa
MMA program itu belum efextif karena tidak adanya pembimbing sehingga anak-anak
MMA mengantongi hasil diskusi yang engambang antara benar dan salah. Lerboyo
adalah salah satu pesantren yang terkenal dengan santrinya yang ahli kitap itu
adalah salah satu realita dari
terlaksanaanya salah satu program takror yang memiliki pembimbing dari
seluruh santri. Jika program lerboyo ini terapreasi pada madrasah diniyyah al-fathimiyyah
pasti dapat menuai hasil yang maksimal bagi perkembangan siswi madrasah diniyah
al-fathimiyyah. Salah satu kegiatan positif yang mendukung program tersebut
adalah keteradakannya batsu masail diniyah antara program khusus dan siswi madrasah diniyah ulah dan whasto karena
batshumasail adalah salah satu apriasi dari perkataan ALI RA “sampaikanlah ilmu
walawpun hannya satu ayat” salahsatu kelemahan metode ini adalah ketidak adilan
bagi mereka yang sangat di bisukan dan
juga mereka yang tidak evisien waktu
yang mereka gunakan dengan dalam program ini tapi program ini bisa menutupi
kuranga agama bagi mereka yang sekolah di lembaga yang berinstasi umum (Negri).
Terabaikan program khusus MMA dari keevesiennya termasuk kurang konsisten
dengan rancangan awal dari bentuknya program ini. Padahal inti dari metode tersebut
adalah agar semua sama-sama belajar sesua yang di butuhkan.//chi’p/.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita
dengan judul Sekolah Dalam Pesantren. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://lugas17.blogspot.com/2013/04/sekolah-dalam-pesantren.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Unknown - Jumat, 05 April 2013
sekolah berbasis akhlakul karimah Siiipp (y)
BalasHapusoky" sip.....
BalasHapusheheheh